Apapun

Tips & Trick

Responsive Ads Here

Rabu, 20 Desember 2017

Penggunaan Rumus Hlookup

Penggunaan Rumus Hlookup

               Assalamualaikum wr.wb, salam sejahtera bagi kita semua, setelah saya kemarin menulis tutorial tentang penggunaan rumus vlookup kali ini saya akan berbagi tutorial singkat tentang Penggunaan Rumus Hlookup kedua rumus tersebut memiliki kesamaan yaitu untuk mencari data, nilai (value), bedanuya 'Hlookup' mencari data secara Horizontal dengan mencari nilai di baris atas sebuah tabel dan mengembalikan nilai dalam kolom yang sama berdasarkan index_number tersebut.

Penulisan Rumus
=HLOOKUP(lookup_value;table_array;row_index_num;[range_lookup])

Keterangan
Lookup_value untuk nilai yang akan dicari dibaris pertama tabel, lookup_value dapat berupa sebuah nilai, referensi atau string teks.

Tabel_array Tabel untuk informasi tempat data dicari.

Row_index_num untuk nomor baris dalam tabel_array yang akan mengembalikan nilai yang cocok,'Argumen row_index_num 1' mengembalikan nilai baris pertama dalam tabel_array, 'row_index_num 2' mengembalikan nilai baris pertama dalam tabel_array dan seterusnya.

Range_lookup pilihan untuk menentukan nilai yang persis atau mendekati, jika 'True' atau dihilangkan, dikembalikan sebuah kecocokan yang mendekati, dengan kata lain, jika persis ditemukan , dihasilkan nilai terbesar berikutnya yang kurang dari lookup_value. jika 'false' hlookup akan menemukan kecocokan persis, jika tidak ditemukan, dikembalikan nilai kesalahan #N/A, range_lookup bersifat 'opsional'.

Perhatikan contoh dibawah ini saya akan mencari data barang berupa 'nama barang','harga' dan 'stok' dengan menggunakan 'kode barang' sebagai 'lookup_value'.
Buatlah tabel seperti pada gambar berikut ini.
Penggunaan Rumus Hlookup

Setelah selesai Kode barang di input secara manual (tanpa mengguakan rumus), lalu masukan rumus pada 'nama barang','harga' dan 'stok' perhatikan gambar di bawah ini.
Penggunaan Rumus Hlookup

Bisa juga untuk mempermudah kerja pegawai tanpa harus meng'input ulang kode barang, pada kode barang kita menggunakan 'list/dropdown' dengan 'data validasi', kursor harus berada di 'kode barang' pada menu bar 'klik data' > 'klik data validation' ganti pada kolom 'allow' dengan 'list' lalu masukan rumus pada 'source' dengan cara mem-blok pada tabel 'nama barang' lihat pada gambar di bawah ini.
Penggunaan Rumus Hlookup

Dan beginilah hasilnya, tanpa kita harus mengetik ulang 'kode barang'.
Penggunaan Rumus Hlookup

Mudah bukan, tutorial singkat tentang penggunaan rumus hlookup ini dapat di fahami bisa juga anda download file nya disini semoga bermanfaat ya, wassalam.


Rekomendasi Untuk Anda × +

Tidak ada komentar:

Posting Komentar