Apapun

Tips & Trick

Responsive Ads Here

Sabtu, 30 September 2017

Bayar Pajak Kendaraan 5 Tahunan Di Samsat Kota Bekasi

Bayar Pajak Kendaraan 5 Tahunan Di Samsat Kota Bekasi


              Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Salam sejahtera untuk kita semua. Kali ini penulis ingin berbagi pengalaman sedikit tentang Bayar pajak 5 tahunan kendaraan bermotor di samsat kota bekasi, sebelumnya bagi yang belum tahu samsat kota bekasi yang kini sudah pindah ke gedung baru yang beralamat  Jl. Ir.H. Juanda No. 302 Bulak Kapal Bekasi Timur, mungkin anda sempat bertanya – tanya terutama bagi yang pertama kali mengurus pajak 5 tahunan.


Ini dia syarat – syarat pajak kendaraan 1 tahun / 5 tahunan yang wajib anda bawa:
1.  Fotocopy STNK 1 Lembar & bawa yang aslinya
2.  Fotocopy BPKB 1 Lembar & bawa yang aslinya ( BPKB asli hanya untuk ditunjukan ke petugas pendaftaran STNK )
3.  Fotocopy KTP 1 Lembar & bawa yang asli nya
Catatan : bagi anda yang ingin membayar pajak kendaraan atas nama orang lain harap membawa surat kuasa dengan tanda tanagan si wajib pajak di atas materai 6000 


Di bawah ini adalah tahapan-tahapan nya.


             1.       Cek Fisik Kendaraan
               Bawalah kendaraan anda ke gedung cek fisik yang terletak di sebelah timur gedung utama,   budayakanlah mengantri, disini petugas cek fisik akan menggosok ulang nomor rangka & nomor mesin kendaraan anda, lalu petugas akan memberikan formulir untuk di isi biodata kepemilikan kendaraan sesuai BPKB.

            2.       Loket Cek Fisik
             Serahkan formulir cek fisik yang telah anda isi ke bagian loket cek fisik yang berada di gedung 2 untuk verifikasi bahwa anda telah melakukan cek fisik kendaraan tunggulah sekitar 15-30 menit untuk verifikasi, setelah selesai bergegaslah ke gedung utama untuk mengisi formulir pajak progresif.

            3.       Pengisian Formulir Pajak Progresif
             Sebelum anda memasuki pintu gedung utama disitu ada petugas yang akan memberikan anda formulir pajak progresif lalu isi biodata pemilik sesuai yang ada di BPKB.

           4.       Loket Cek Pajak Progresif
            Serahkan berkas-berkas yang anda bawa ke loket pajak progresif tunggu - +10 menit.

           5.       Loket Pendaftaran STNK 5 Tahunan
         Serahkan kembali berkas-berkas yang anda bawa dari loket pajak progresif ke loket pendaftaran STNK 5 Tahunan, disini lah anda akan di minta menunjukan BPKB asli dan anda akan dikasih kertas yang tertulis plat nomor kendaraan anda, lalu petugas akan menyuruh kita menunggu di loket 3 dan 4.

         6.       Menunggu di loket kasir 3 dan 4
          Duduk santai terlebih dahulu sambil menunggu nama anda di panggil antara loket 3 dan loket 4, setelah nama anda dipanggil pastikan anda tahu di loket mana anda di panggil di antara loket 3 dan loket 4 itu, di loket inilah anda diminta melakukan pembayaran, setakan kertas yang di kasih petugas di loket sebelumnya untuk di stampel sebagai bukti anda telah melakukan pembayaran.

         7.       Loket Penyerahan STNK
          Sambil menunggu STNK baru anda jadi boleh lah minum-minum ( Air mineral / yang tidak dilarang ) dulu setelah nama anda di panggil serahkan kertas yang sudah di stampel di kasir untuk di ganti dengan STNK baru anda.

         8.       Loket Pembuatan Plat Nomor Baru
          Bergegaslah meninggalkan gedung utama untuk membuat plat nomor baru yang terletak di sebelah kantin tepatnya di belakang kantor 2 ( Loket cek fisik ) paling pojok kanan kantin samsat kota bekasi, disitu anda akan di minta menyerahkan STNK lalu menunggu beberapa saat, tiba lah nama anda dipanggil untuk mengambil plat nomor baru dan STNK nya selesai.


                  Itulah tahapan-tahapan Bayar pajak kendaraan 5tahunan di samsat kota bekasi khususnya, di samsat daerah lain mungkin tidak akan jauh berbeda, semoga artikel amatir ini cukup membantu walaupun tidak disertai dengan foto, setidaknya ada sedikit gambaran mengenai proses pajak 5 tahunan dengan mengetahui tahapan-tahapannya berharap para wajib pajak tidak lagi menggunakan jasa percaloan. Semoga bermanfaat Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
     
Rekomendasi Untuk Anda × +

Tidak ada komentar:

Posting Komentar